+62-21-566 3222

Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440

triangle
Kurikulum Kelas Khusus
   Kurikulum Kelas Khusus

Program Studi Magister Manajemen Usakti mempunyai 3 (tiga) bidang konsentrasi untuk kelas khusus, yaitu : Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Para mahasiswa diwajibkan menyelesaikan 44 kredit, dengan rincian sebagai berikut :

Ket : * Mata Kuliah Pilihan

KODE MATA KULIAH MATA KULIAH KONSENTRASI
Pemasaran Keuangan SDM
MM1-603
Manajemen Sumberdaya Manusia

Mata kuliah ini bertujuan membahas Manajemen SDM (HR Management) yang merupakan rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan pemberdayaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan organisasional. Termasuk seluruh aspek-aspek dan strategi dari MSDM, bagaimana perusahaan berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan, dalam mengatasi tantangan kompetitif global, mempertahankan eksistensi dan keunggulan kompetitif perusahaan.

3 3 3
MMI-606
Ekonomi Manajerial

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami tentang pengimplementasian konsep dasar dari teori permintaan-penawaran, konsep perhitungan elastisitas, produksi dan analisa biaya, analisa struktur pasar serta analisis investasi proyek. Pada mata kuliah ini juga diberikan isu-isu strategis bagi organisasi.

3 3 3
MMD-602
Metode Kuantitatif

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman akan peranan dan aplikasi dari analisis kuantitatif sebagai salah satu alat bantu bagi manajer dalam proses pembuatan keputusan bisnis. Dengan demikian ruang lingkup konsep pembahasan diarahkan kepada pemahaman tentang pengetahuan dasar dari riset operasi, pemrograman matematika linear, serta interpretasi hasil dan analisa kepekaan. Pada mata kuliah ini juga diberikan isu-isu strategis bagi organisasi.

3 3 3
MMD-604
Ekonomi Lingkungan Bisnis dan Entrepreneurships

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai entrepreneurship, definisi dari berberapa ahli yang terkait dalam mata kuliah entrepreneurship, serta memberikan pemahaman mengenai proses pelaksanaan entrepreneurship, peran seorang entrepreneur dalam perekonomian suatu negara, tipe-tipe dari entrepreneur serta bagaimana caranya seorang entrepreneur dalam mengidentifikasikan peluang-peluang yang ada di pasar. Dalam mata kuliah ini juga digambarkan mengenai teknik dari seorang entrepreneur dalam melakukan analisis kekuatan dan kelemahan dari produk dan jasa yang ditawarkan di pasar. Entrepreneur juga harus dapat membuat suatu prencanaan baik jangka pendek dan jangka panjang yang tertuang dalam rencana bisnis (Business Plan) dan rencana pemasaran (Marketing Plan). Dalam mata kuliah ini juga diberikan pemahaman mengenai bagaimana seorang entrepreneur untuk masuk dalam lingkungan bisnis global dalam persaingan yang sangat kompetitif seperti saat ini serta juga dijelaskan mengenai exit strategi dan pemahaman mengenai kebangkrutan usaha yang tertuang dalam Bankruptcy Law.

3 3 3
  Total SKS Semester I 12 12 12
MMI-601
Manajemen Keuangan

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian yang mendalam tentang teori keuangan yang mendasari pengambilan keputusan dalam bidang keuangan, capital instruments, financial market and stock pricing, serta melatih dan mengembangkan tehnik-tehnik berbagai analisis keuangan yang digunakan untuk perencanaan, pengelolaan, investasi dan kontrol keuangan perusahaan.

3 3 3
MMI-602
Manajemen Pemasaran

Mata kuliah ini bertujuan untuk pengenalan terhadap manajemen pemasaran yang berfokus pada masalah-masalah yang dihadapi manajer pemasaran dalam mengukur peluang-peluang pasar serta pengalokasian upaya pemasaran. Mata kuliah ini Menekankan pada pembuatan keputusan dan perencanaan dalam konteks pemasaran.

3 3 3
MMI-608
Teori Organisasi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep dari teori organisasi dan bagaimana aplikasi dalam kegiatan operasional organisasi. Terlebih lagi mata kuliah ini juga memasukkan pentingnya pemahaman akan perubahan dan pengembangan organisasi agar dapat menjawab tantangan dimasa depan yang berkenaan dengan perencanaan strategik organisasi.

- - 3
MMI-609
Pengantar Manajemen Kualitas *

Mata kuliah ini bertujuan menggambarkan pentingnya manajemen kualitas secara total baik di sektor swasta maupun pemerintahan dan membahas penerapan konsep-konsep manajemen kualitas dalam manajemen bisnis total. Mata kuliah ini juga membahas praktek-praktek manajemen kualitas yang dapat menolong perusahaan menciptakan nilai dan kesuksesan dalam menghadapi tantangan dalam persaingan (sustainable competitive advantage) dan untuk meningkatkan profitability.

2 2 2
MMI-610
Hukum dan Etika Bisnis *

Mata kuliah ini bertujuan membahas teori-teori etika bisnis dan hukum bisnis serta aplikasinya dalam interaksi antara bisnis dengan pemangku kepentingan (stakeholders) utama, sejalan dengan upaya-upaya mengembangkan tatakelola yang baik (Good Corporate Governance) dan berdampak kepada peningkatan nilai perusahaan dan keunggulan kompetitif dari perusahaan dalam jangka panjang (sustainable competitive advantage). Dengan kata lain, mata kuliah ini bertujuan memberikan landasan berpikir bagi pengembangan bisnis yang sehat dan berintegritas berdasarkan penguasaan atas kapabilitas etika-moral dan hukum bisnis dengan memaparkan pemikiran–pemikiran filosofis bagaimana praktek kebijakan-kebijakan perusahaan yang seharusnya dikembangkan dan diterapkan secara bertanggung jawab menurut norma-norma moral atau etika dan norma-norma hukum yang berlaku.

2 2 2
MMP-703
Pemasaran Internasional

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pengenalan terhadap pemasaran internasional yang berfokus pada masalah yang dihadapi manajer pemasaran dalam mengukur kesempatan yang ada pada pasar internasional. Mata kuliah ini menekankan pada perencanaan dan pengambilan keputusan pada konteks persaingan global.

3 - -
MMK-703
Keuangan International

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori, kebijakan dan praktis tentang aspek makro dan mikro finance dari keuangan internasional dan Forex Rate Behavior serta memberikan kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan keuangan internasional yang meliputi Exchange Rate Risk, Short – Term Asset dan Liabilities Management, dan Long – Term Asset & Liabilities Management. Mata Kuliah ini meliputi aspek makro dan mikro finance dari aktivitas Unit Makro Ekonomi (Negara/Pemerintah) dan Unit Mikro Ekonomi (Perusahaan / Organisasi / Perorangan) khususnya yang berkenaan dengan pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap aktivitas ekonomi – perdagangan – keuangan internasional yang meliputi International Commercial Transaction (Ekspor & Impor barang & jasa) dan/atau International Financial Transaction (Investment, Financing, Budgeting, Earning & Hedging) dan Kinerja Keuangan (Liquiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, Aktivitas & Growth Ratio). Untuk itu dalam dalam kuliah ini akan dibahas keputusan keuangan perusahaan seperti pendanaan jangka pendek dan panjang, manajemen arus kas, biaya dan struktur modal, penganggaran modal, pengelolaaan modal kerja dan perdagangan internasional bagi perusahaan internasional dan multinational.

- 3 -
  Total SKS Semester II 11 11 11
MMD-601
Manajemen Strategik

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengenalan akan peran penting manajemen strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang, dengan ruang lingkup yang sangat luas meliputi internal perusahaan dan eksternal perusahaan, termasuk juga perubahan global. Manajemen Strategik merupakan seperangkat keputusan manajerial dan action yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, yang meliputi pengamatan lingkungan (environmental scanning), perumusan strategi (formulation strategy), penerapan strategi (implementation strategi), serta evaluasi dan kontrol (evaluation and control). Dengan demikian mata kuliah ini menekankan monitoring dan evaluasi atas kemungkinan-kemungkinan eksternal yang dapat menjadi peluang atau ancaman dan bagaimana strategi perusahaan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan tersebut melalui kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dengan pemahaman yang demikian, maka pembuatan visi, misi, dan tujuan bisnis dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan perusahaan. Dan akhirnya, menyusun dan menggunakan manajemen strategik dalam perusahaan dilakukan untuk mempertahankan agar perusahaan tetap dapat menghasilkan daya saing dalam lingkungan yang terus berubah.

3 3 3
MMP-702
Pemasaran Strategik

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali peran penting pemasaran strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Pemasaran strategi adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran. Pemasaran strategi penting juga bukan untuk manajer pemasaran saja, tetapi juga untuk orang-orang lain di dalam perusahaan. Pemasaran strategik dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau tidak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang-orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategik biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali.

3 - -
MMP-704
Pemasaran Jasa

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengetahui the vital role of service play di bidang ekonomi saat ini dan masa yang akan datang. Di masa mendatang ekonomi dunia didominasi oleh jasa (services) dan perusahaan memandang jasa (services) sebagai hal yang penting untuk mempertahankan konsumen saat ini dan masa yang akan datang. Walaupun banyak perusahaan manufakturing di masa yang akan datang tergantung pada physical product bagi kehidupan saat ini, mereka juga harus menyadari bahwa jasa (services) juga tersedia, yang merupakan salah satu hal penting untuk tercapainya keunggulan bersaing. Sehingga dalam hal ini, diharapkan dapat mengetahui pentingnya perkembangan jasa dan tantangan unik yang akan dihadapi oleh seorang manajer yang bergerak di bidang jasa.

3 - -
MMP-706
Perilaku Konsumen

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami masalah tentang perilaku konsumen berdasarkan pengertiannya, konsep dan teori perilaku konsumen. Mata kuliah ini memberikan kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam proses pengambilan keputusan secara terpadu dalam strategi permasaran. Pembahasan menggunakan pendekatan multidisiplin dan berkaitan dengan psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian baik faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan sebagainya; serta faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.

3 - -
MMK-701
Analisis Investasi dan Manajemen Risiko

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap pasar modal (capital market) yang berfokus pada masalah-masalah yang dihadapi manajer investasi dalam menentukan keseimbangan return (imbal hasil) dan resiko investasi di pasar modal. Mata kuliah ini menekankan pada pengambilan keputusan dan perencanaan dalam investasi di pasar modal.

- 3 -
MMK-704
Manajemen Perbankan

Mata kuliah ini bertujuan membahas prinsip-prinsip dasar manajemen perbankan dan peranan bank sebagai lembaga perantara keuangan. Secara lebih khusus, pokok bahasan mencakup tinjauan umum usaha perbankan dan manajemen perbankan, jenis-jenis risiko perbankan, serta manajemen permodalan, manajemen aktiva produktif, manajemen umum, manajemen rentabilitas dan manajemen likuiditas perbankan. Pembahasan juga mencakup ALMA (Asset-Liability Management) serta transaksi off-balance sheet dan fee-based income. Selain itu, dibahas pula topik-topik yang berkaitan dengan stabilitas sistem keuangan, serta ketentuan prudensial dan kebijakan perbankan terkini.

- 3 -
MMK-705
Rekayasa Keuangan

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali berbagai sumber resiko keuangan, instrumen dan teknik analisis keuangan serta memberikan pemahaman tentang proses inovasi keuangan yang dipakai untuk pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan efesien. Rekayasa Keuangan merupakan pilar kuat bagi proses inovasi dibidang keuangan untuk menciptakan instrumen keuangan yang efektif di capital market dan mencari solusi masalah keuangan yang lebih efektif.

- 3 -
MMS-702
Perencanaan SDM dan Modal Manusia

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman konsep dan model-model perencanaan SDM dan cara membuat program-program perencanaan SDM dalam konteks organisasi dan bisnis. Mata kuliah ini berperan memberikan dukungan Perencanaan Sumberdaya Manusia bagi Corporate Strategic Planning dalam mencapai tujuannya dalam konteks dunia bisnis yang berubah, perubahan internal dan eksternal dalam kehidupan perusahaan; maka adaptasi eksternal, integrasi ke dalam organisasi, faktor yang berpengaruh dalam mengelola perubahan transformasional dalam organisasi dan bisnis membutuhkan pengembangan SDM kearah peningkatan kapabilitas organisasi yang mampu menjadikan manusia sebagai modal manajemen yang memiliki kompetensi dan kapabilitas.

- - 3
MMS-703
Evaluasi Kinerja

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari suatu proses untuk menentukan ukuran dan penting tidaknya pekerjaan-pekerjaan dalam suatu organisasi. Implikasi dan prinsip dari Evaluasi Kinerja adalah : suatu proses, hasil suatu pertimbangan/penilaian, ukuran pekerjaan relatif, yang dinilai pekerjaannya (bukan orangnya), berdasarkan kinerja yang sangat memuaskan, berdasarkan informasi kerja yang baik, dan berdasarkan pekerjaan seperti saat ini. Mata kuliah ini akan menjelaskan mengapa penting untuk secara efektif minilai kinerja, menggambarkan beberapa metoda penilaian kinerja serta pro dan kontra terhadap masing-masingnya, membahas masalah utama yang menghambat penilaian kinerja yang efektif, dan melakukan suatu wawancara penilaian yang lebih efektif mulai dari merancang, menilai, menerapkan imbal-jasa dan meningkatkan kemampuan serta pertumbuhan organisasi.

- - 3
MMS-704
Pelatihan dan Pengemangan SDM

Mata kuliah ini bertujuan menggambarkan pentingnya pelatihan dan pengembangan (training and development) baik di sektor swasta maupun pemerintahan dan membahas penerapan konsep-konsep pelatihan dan pengembangan yang inovatif dalam manajemen bisnis total. Mata kuliah ini juga membahas praktek-praktek pelatihan dan pengembangan yang dapat menolong perusahaan menciptakan nilai dan kesuksesan dalam menghadapi tantangan dalam persaingan (sustainable competitive advantage) dan untuk meningkatkan financial performance yang lebih baik.

- - 3
  Total SKS Semester III 12 12 12
MMP-701
Riset Pemasaran

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister serta melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam .bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian  serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

3 - -
MMK-706
Riset Keuangan

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang keuangan dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang keuangan dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang keuangan. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasil pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang keuangan. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

- 3 -
MMK-706
Riset Sumber Daya Manusia

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang keuangan dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang keuangan dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang keuangan. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasil pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang keuangan. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

- - 3
MMI-700 Tesis 6 6 6
  Total SKS Semester IV 9 9 9
  TOTAL SKS 44 44 44