+62-21-566 3222

Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440

triangle

Pengantar Rektor

22 TAHUN PERJALANAN PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TRISAKTI


Melalui SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  No. 432/DIKTI/Kep/1992 tertanggal 16 September 1992, Universitas Trisakti berhasil menyelenggarakan Program Studi Magister Manajemen pada Program Pascasarjana, sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Indonesia. Dalam perjalanannya, berbagai kebijakan dan terobosan telah  dilakukan demi memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Waktu berjalan dan segala aspek penyelenggaraan program studi yang berkualitas pun dibenahi waktu demi waktu.  Dalam kurun waktu tersebut, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akhirnya memberikan pengakuan kualitas penyelenggaraan dari segala sisi penilaian. Kepercayaan pemerintah melalui BAN-PT pun dikeluarkan melalui Sertifikat Akreditasi dengan peringkat UNGGUL (U). Peringkat akreditasi yang berlaku pada kurun waktu tersebut adalah Unggul (U) merupakan nilai tertinggi, diikuti oleh peringkat BELAJAR (B) dan peringkat TERDAFTAR (C). Pertama kali nya Program Studi Magister Manajemen ada dibawah Program Pascasarjana Universitas Trisakti. Sertifikat ini dikeluarkan pada tanggal 13 September 2000  dengan nomor 00087/Ak-I-25/UTSMMKX/IX/2000. Sebagaimana tercantum jelas pada lembaran sertifikat tersebut, masa berlaku peringkat akreditasi tersebut berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan.

Sejak pertama kalinya pemerintah melalui BAN-PT melakukan pembenahan penyelenggaraan program studi baik pada tingkat pendidikan strata 1 (sarjana) , strata  2 (magister)  maupun strata 3 (doctoral)  di seluruh Indonesia, hampir semua perguruan tinggi tidak peduli status perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) bergeliat membenahi diri untuk senantiasa taat dan patuh pada aspek penilaian yang telah digariskan pemerintah melalui BAN-PT.

Seiring perjalanan waktu, serta semakin meningkatnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat luas untuk studi lanjut. Dampak yang jelas kelihatan adalah bermunculannya berbagai program studi magister manajemen dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pembenahan demi pembenahan tetap dilakukan untuk menjaga kepercayaan yang diberikan pemerintah. Buah dari kinerja tersebut kembali untuk kedua kalinya Program Studi Magister Manajemen, Universitas Trisakti memperoleh pengakuan serupa dengan mendapatkan sertifikat akreditasi dengan peringkat tertinggi dan berganti istilah dengan peringkat “A” .

Pengakuan pemerintah ini tercantum jelas pada lembaran sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT dengan nomor : 00598/Ak-IV/S2-013/UTCMMJ/XII/2005 tertanggal 27 Desember 2005. Kembali peringkat akreditasi inipun berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkannya yaitu dari tanggal 27 Desember 2005 sampai 27 Desember 2010.

Tidak dapat dipungkiri pengakuan pemerintah ini menjadikan Program Studi Magister Manajemen UniversitasTrisakti tidak terlena dan selalu melakukan peningkatan secara berkelanjutan (continual improvement) dalam segala sisi penyelenggaraan. Memang diakui ada semacam rasa puas dan bangga sebagai hasil kinerja yang telah dilakukan semua pihak “stakeholders”.

Peringkat akreditasi program studi perguruan tinggi ternyata memberikan dampak yang signifikan pada masyarakat luas terutama bagi para calon peserta didik. Dengan kemajuan teknologi informasi terutama internet, masyarakat dengan mudah dapat melakukan pencarian informasi dari berbagai media sosial yang semakin menjamur untuk mendapatkan program studi yang berkualitas. Sadar akan hal ini, Program Studi Magister Manajemen Universitas Trisakti semakin berbenah diri dan kembali untuk ketiga kalinya, pemerintah melalui BAN-PT memberikan pengakuan kualitas penyelenggaraan program studi dengan sertifikat akreditasi nomor 018/BAN-PT/Ak-VIII/S2/I/2011 dengan peringkat “A” tertanggal 7 Januari 2011 dan berlaku untuk masa 5 (lima) tahun terhitung 7 Januari 2011 sampai dengan 7 Januari 2016.

Sejak dimulainya penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen dengan gelar akademik MM, selama lebih kurang 21 tahun sudah, program studi telah menghasilkan lulusan lebih dari  3500 orang lulusan. Konsentrasi peminatan semakin beragam dengan rincian : (1). Manajemen Sumberdaya Manusia, (2). Manajemen Keuangan , (3). Manajemen Pemasaran, (4). Manajemen Produksi, (5). Service Manajemen, (6). Corporate Social Responsibility, (7). Community Enterpreneurships , (8). Manajemen Komunikasi , (9). Manajemen Tehnik Lingkungan, dan (10). Manajemen Logistik.

Tingginya minat studi lanjut masyarakat serta berbagai kendala yang dihadapi calon peserta didik baik yang ada di sekitar Jabodetabek seperti jalur transportasi yang semakin menyita waktu, jadual pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan serta tidak memungkinnya calon peserta didik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, Universitas Trisakti pada tahun 2003 telah melakukan terobosan dengan memberikan pilihan metoda pembelajaran berbasis internet untuk menjawab himbauan pemerintah dan animo masyarakat luas.  Program pembelajaran berbasis internet (Virtual Learning) dengan pola pembelajaran jarak jauh yang dikemas secara terstruktur oleh Universitas Trisakti disebut dengan nama Trisakti Electronic Learning (TeLL) baru diaplikasikan kepada Program Studi Magister Manajemen. Dengan adanya pilihan metoda pembelajaran baik konvensional maupun virtual semakin memberikan warna dan kompetensi sendiri bagi penyelengaraan Program Studi Magister Manajemen Universitas Trisakti.

Untuk itu, saya selaku Rektor Universitas Trisakti mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat luas khususnya pada alumni, peserta didik serta kepada seluruh tenaga edukatif dan tenaga penunjang akademik atas kerjasama yang solid selama ini. Akhirnya, saya mengharapkan semoga Program Studi Magister  Manajemen Universitas Trisaksi menjadi pilihan yang tepat dan memuaskan.

 

Prof.Dr. Thoby Mutis

Rektor